Most Recommendations

Wednesday, November 4, 2009

Kotoran Termahal Dan Bisa Diminum


Bertanyalah kepada orang Inggris, kopi apa paling mahal di dunia, maka bangsa peminum teh itu akan menjawab kopi yang diambil dari kotoran musang. Anggapan ini mungkin sama dengan masyarakat tradisional Indonesia.
Mengapa termahal? Di Inggris kopi yang bekas dimakan musang (Paradoxurus hermaphroditus) dan keluar lagi bersama kotorannya itu dijual dengan harga 50 poundsterling atau hampir Rp 1 juta. Demikian dilaporkan Daily Mail dalam situs internetnya, Kamis (10/4).

Mungkin ketika mendengar asal kopi itu, penikmatnya akan gemetar. Namun bagi kafe Peter Jones, itulah yang membuat kopi itu juara. Kafe di Sloane Square itu menjual espresso, Americano dan latte dengan biji kopi itu mulai April.

Mau tahu dari mana Jones mendapatkan bahan baku yang akan membuat kafenya terkenal itu? Ia membeli 60 paket eksklusif campuran Jamaica Blue Mountain dan Kopi Luwak dari Indonesia. Biji kopi ini termasuk langka, karena dipanen kurang dari 200 kg per tahun.

Diyakini, luwak (musang dalam bahasa Jawa) itu bisa memilih biji kopi terbaik berdasarkan nalurinya. Mereka memilih biji yang lembut dan memakannya, tetapi hanya bagian luarnya yang bisa dicerna, sedangkan sisanya dibuang bersama kotoran. Cairan kotoran itulah yang diyakini memperkaya cita rasa kopi luwak itu.

Sekarang, para pelanggan Jones bisa merasakan sendiri sensasi kopi luwak itu. Sedangkan semua keuntungan dari penjualannya akan disumbangkan untuk penderita kanker.

Salah satu pelanggan Jones, Hannah Silver (23) mengatakan, "Saya sebenarnya agak khawatir sebelum mencoba, tetapi ternyata saya sangat suka. Agak berasa tanah dan sangat lembut."

7 comments:

  1. asww...sy penasaran...ini perlu dikaji lbh lanjut...soal kopi luak ini...sy mo tau hrs beli dimana di indonesia..ditoko2x ada?

    ReplyDelete
  2. Wass....kayanya bos ini salah satu pecinta kopi neh,,,kayanya kalau skarang lom smua daerah yang menjual kopi luwak ini bos,,kemungkinan ada jual didaerah lampung...atau mungkin ada teman2 lain yang bisa bantu informasi tentang penjualan kopi luwak ini???

    ReplyDelete
  3. mungkin nanti2 bisa2 ada kotoran manusia ( maaf ) yang dijadiin kopi hehehe...

    ReplyDelete
  4. @Paddi....Yah mo gimana lagi bro,kalo soal selera kan relatif,,ga enak/ga suka terhadap sesuatu hal kan menurut fikiran dan budaya masing2.
    @Ricky...Kalau intu terjadi brarti Luwak dapat sangian bro...hehehehehehe...

    ReplyDelete
  5. Kopi Luwak... setara deh harga n rasanya... mantabs bro..

    ReplyDelete
  6. kopi luak sekarang udah bisa ddapatkan d indonesia.kemaren2 saya liat profil usahanya di tv. kayanya sekitar jakarta tokonya

    ReplyDelete

Reviewmu.com