Most Recommendations

Saturday, November 28, 2009

Kekentalan Darah Dalam Tubuh,Mengapa Terjadi??


Ada satu pertanyaan yang umum kita temukan, yaitu "Mengapa harus minum air putih banyak-banyak. .?"
Well, sebenarnya jawabannya cukup "mengerikan" tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa
dijelaskan sbb:

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.

Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%.Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah :
Otak dan Darah. !!

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%,
Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.

Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok.

Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.
Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari...?

Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya...?
Dengan jalan "menyedot" air dari komponen tubuh sendiri.Dari otak...?

Belum sampai segitunya (wihh...bayangkan otak kering gimana jadinya...),
melainkan dari sumber terdekat : Darah. !!

Darah yang disedot airnya akan menjadi kental..
Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah)
Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah.
Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah

Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ' kan ...?

Nah saat darah kental meng alir lewat otak, perjalanannya agak terhambat..

Otak tidak lagi "encer", dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen,

Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan...)

Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat

Bila darah mengental... ),maka serangan stroke bisa lebih lekas datang

Sekarang tinggal anda pilih: melakukan "investasi" dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- "membayar bunga" lewat sakit ginjal atau stroke.

Anda yang pilih...!

9 comments:

  1. Setuju dengan artikel ini... !!
    salut !

    ReplyDelete
  2. Iya, saya sering di cemooh kalau berkata hal ini kepada teman2 saya yang MALAS sekali minum air putih.

    Mereka bilang saya sok tau, nanti kalo udah sakit, baru manggut2..

    PENGUMUMAN : Artikel ini 100% BENAR!

    ReplyDelete
  3. Justru aku dah kebanyakan minum air putih mpe pernah divonis kurang gula. Hehe...

    ReplyDelete
  4. wah2........ untung aku bukan perokok...

    gak perlu tambah2in air minum.......


    hahaha..........

    ReplyDelete
  5. waw..
    singkat padat..
    artikel yang gini yang bisa nambah ilmu..

    ok boss!!

    ReplyDelete
  6. @Christoni + Johnson Manurung + Joseph R....Thanks bos,mudah2an artikel ni berguna.
    @Gek...Suruh baca artikel ni aja bos,mudah2an mreka tau kalo anda benar.
    @Facechan....ga ada salahnya walaupun bukan perokok kita tetap mengkonsumsi air putih yang cukup bos.
    @Angga...Thanks bos,mudah2an berguna.
    @Akhlis...yang penting seimbang aja ma kebutuhan tubuh bos.

    ReplyDelete
  7. artikel-artikel kayak gini yang ku cari nih, singkat, jelas dan padat.. thanks bro.

    ReplyDelete