Most Recommendations

Friday, August 28, 2009

Flying Dutchman, kapal musuh jack sparrow ternyata beneran ada!!!


Menurut cerita rakyat , The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi "tujuh lautan" selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan , kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup

Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa sumber, Legenda ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel "The Phantom Ship" (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda "Het Vliegend Schip" (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer.
Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan "The Flying Dutchman on Tappan Sea" oleh Washington Irving (1855).

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten "Ramhout Van Dam" atau "Van der Decken") mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa.
Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk,sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan .

Tetapi sang kapten tidak mau ,lalu dia berkata "aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku , atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya" Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam.

Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya.
Konon , Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.

Sumber lain juga menyebutkan munculnya penyakit berbahaya di kalangan awak kapal sehingga mereka tidak diijinkan untuk berlabuh dipelabuhan manapun .
Sejak itu, kapal dan awaknya dihukum untuk selalu berlayar, tidak pernah berlabuh/menepi. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau 1729.

Terneuzen (Belanda) disebut sebagai rumah sang legenda Flying Dutchman, Van der Decken, seorang kapten yang mengutuk Tuhan dan telah dihukum untuk mengarungi lautan selamanya, telah diceritakan dalam novel karya Frederick Marryat - The Phantom Ship dan Richard Wagner opera.

Banyak saksi yang mengaku telah melihat kapal hantu ini. Pada tahun 1939 kapal ini terlihat di Mulkzenberg. Pada tahun 1941 seklompok orang di pantai Glencairn menyaksikan kapal berlayar yang tiba - tiba lenyap ketika akan menubruk batu karang.
Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.

Bahkan ada suatu catatan kisah tentang pelayaran Christoper Columbus,waktu itu awak kapal Columbus melihat kapal terkatung katung dengan layar mengembang.setelah itu awak yang pertama melihat langsung tewas seketika.

Mitos ahir-ahir ini juga mengisahkan apabila suatu kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern memberi signal, maka kapal modern itu akan tenggelam / celaka.

Bagi seorang pelaut , pertemuan yang tak diduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya bagi mereka dan konon , ada suatu cara untuk mengelak dari kemungkinan berpapasan dengan kapal hantu tersebut , yakni dengan memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan.

Selama berabad - abad, legenda The Flying Dutchman menjadi sumber inspirasi para sastrawan dan novelis. Sejak tahun 1826 Edward Fitzball telah menulis novel The Pantom Ship (1837) yang diangkat dari pengalaman bertemu dengan kapal seram ini.
Banyak pujangga terkenal seperti Washington Irving dan Sir Walter Scott juga tertarik mengangkat legenda ini.

Istilah Flying Dutchman juga dipakai untuk julukan beberapa atlet sepakbola, terutama para pemain ternama asal Belanda. Ironisnya, bintang veteran negeri Orange, Dennis Bergkamp justru dikenal sebagai orang yang phobia atau takut untuk terbang, sehingga ia dijuluki The Non-Flying Dutchman.

Beberapa Laporan Penampakan The Flysing Dutchman yang sempat didokumentasikan :

1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.

1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya , salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.

1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

1939 : kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang

1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.

1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942

1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.

35 comments:

  1. Flying Dutchman, ini sebuah kisah kapal hantu yang mearik sob...keep on blogging, patner

    ReplyDelete
  2. wah jadi tau kak soal Flying dutchman. Tia pikir dia musuhnya spoge bob :)

    Sharing tips

    ReplyDelete
  3. Wah serem juga yah
    jadi agak merinding nih

    ReplyDelete
  4. Jangan2 kalo the flying dutchman ada, berarti black pearl jack sparrow juga dunkz

    ReplyDelete
  5. @Dedy rachmat....Ok Bro..mohon terus dukungannya yach,,,saling koment kita Ok..
    @Aisyah...Makanya sering berkunjng kesini dech,Ditnggu terus neh kunjungan n komentarnya..
    @Cintia...kalo ma spongebob dia masih temenan kayanya,,trakhir nonton mreka nangkap ubur2 bersama hehehehh =)
    @Blajar Blog....Tenang aja bro,flying dutchmannya ga jahat2 amat kok...
    @Koleksi Mainan....Mudah2an ada,so mreka ga cuma ada di film fiksi aja.

    ReplyDelete
  6. iihhhhhhhhhhhhh serem dech... beneran ada ternyata... :(

    ReplyDelete
  7. hmm........gag tw deh mo percaya pa gag yang jelas nih tulisan gud bged enak dibaca.........
    lam knal n hangat joni

    ReplyDelete
  8. wahh pernah denger sii.. sampe akhirnya nemu tulisan ini di sini, lom pernah anggp serius :) heheheh... met saur kang...?!?!?

    ReplyDelete
  9. Flying Dutchman kan yang ada di kartun spongebob! hahahaa.

    ReplyDelete
  10. itu beneran kapal hantu? kok serem ya, gambarnya aja serem gitu hihihihi jadi atutttttttt......pernah lewat ke indonesia ndak ya hihihihii.....mau menghindar maksudnya ^_^ baru tau klo ada kapal hantu heheheh makasih infonya

    Iklan Gratis

    ReplyDelete
  11. @Vitri.....Kalo daripengakuan sejarah ang beneran ada vit.
    @Joni-Joni-Joni....Thanks Bro...Lam kenal juga..
    @Genial...Mudah2an info yang ada disini berguna bro...
    @Ichaelmago......Betull dia juga muncul tuch diSpongebob selain di Pirates Of Caribbian..
    @Thanks juga dah mampir & Kasih KOment bro....

    ReplyDelete
  12. ooh..kirain tuh flying dutchman cuma ada di spongebob. huehehhee.

    ReplyDelete
  13. waw,, ternyata beneran ada ye,, serem,, baru pertama kali nie jadi nambah pengetahuan, thanks info nya sob,,

    ReplyDelete
  14. wah...kalo ada gue harap gak muncul deh di batam...tapi kalo ada beneran itu lah kuasa tuhan...
    thanks info nya...menambah khasanah pengetahuan...

    ReplyDelete
  15. salam sobat
    beneran nich ada,,,takut aaahh,,,
    saya mending baca ceritanya saja.

    ReplyDelete
  16. wah critanya menarik banget! sukaa....

    salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  17. Aku juga pernah baca nih tentang Flying Dutchman. Tapi pertama kali tahu dengan istilah ini, ya dari kartun Sponge Bob.. Bagus infonya, Sob... :)

    ReplyDelete
  18. @Ichaelmaego...Ga cuma di spongebob bozz..tu katanya ada dikehidupan nyata juga.
    @Reiyo.....Thanks juga dah koment boz..mudah2an isi blog ini tetap bisa mengudang komentarnya..
    @Jonli Rahmad Koto....Janganlah muncul dibatam boz..mudah2an dia muncul ditempat yang ga ada orang ajalah ye..
    @Nura.....Salam Juga Sobat...Oke dech jangan lupa kasih komment di artikel yang laen yach..
    @Enno...Salam Kenal Juga Enno..Thanks dah mampir n dah komment juga...
    @Macam2 tips....Iya bro...mudah2an ga ktemua lah yach..
    @Risma...Thanks dah mampir juga bro,mudah2an artikel yang ada disini bisa berguna buat menambah pengetahuan rekan2 semua termasuk menambah pengatahuan saya juga.
    @ All...Thanks yach dah pada koment masih ditunggu kok komentar2nya yang laen...
    Keep Spirit!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  19. ayo ayo diupdate postingannya. hehehe :D

    ReplyDelete
  20. Samudra yang begitu luasnya...ya pantes aza klo ada hantunya...!@! Ditempat yang sempit (Gang Senggol) aza...suka ada hantunya...!!Peace..

    ReplyDelete
  21. @Ichaelmago......Siplah..tu dah update kok...
    @Lembaga Pelatihan.....ya begitulah bro..samudra dengan seluruh misterinya...oia sering berkunjung ke gang senggol yach???wkwkwkwkwk...Peace too...

    ReplyDelete
  22. Perasaan pernah denger nama the Flying Dutchman ini deh... di film Spongebob

    ReplyDelete
  23. mantab sob..story nya mengingatkan masa lampau banget keep writing...

    ReplyDelete
  24. beneran yah?
    pasti bnyak yang penasaran,,komenya bnyak bgt...

    ReplyDelete
  25. mantap benerrr... saya suka cerita ini.. dari dulu emang penasaran sama yang namanya flyingdutchman.. setelah nonton pilem pirates of cariban dan liat film spongebob (ada lho di pilem spongebob).. mantap dah gan artikelnyaa... sip..

    ReplyDelete
  26. fying dutchman nggak serem... malah keren....
    pi kalau kuntilanak baru serem........
    [info menarik]

    ReplyDelete
  27. @Miawruu...iya,di spongebob juga ada muncul tuch..
    @Andritea...Thank sob...Mudah2an suka bacanya yach..
    @ganol...Iya neh,kayanya ga salah bikin postingan,banyak yang suka ma Flying Ducthman kayanya..
    @Indorockz....Thanks bro,,,mudahan suka neh ma postingan artikel yang ada disini..
    @Habib...Wkwkwkkwkwk...kita tanya aja ma kuntilanak kalo dia ktemu ma flying dutchman,,siapa ya kira2 yang lebih serem...

    ReplyDelete
  28. Di film sponge bob juga ada tuuh...hihi

    ReplyDelete
  29. ihhhhh tatuttt moga2 gak sampai kebawa ngimpi
    he,,he,,he,,

    ReplyDelete
  30. walah.. malahan saya mah baru tahu,
    tapi kalau di lautan pasti lah ada hantunya.... serem ya,

    tapi saya yaakin kalau ke indonesia dia enggak bakalan berani-lah, soalnya ada yang paling jagoan di indonesia.. mak lampir.. hikhikhik..

    peace.....!!!

    ReplyDelete
  31. wah info yang menarik nih......baru tahu kalo kapal itu beneran ada.....

    ReplyDelete
  32. klw ketemu the Flying Dutchman mw dong ditolongin kapten jack.. (^.~)

    ReplyDelete
  33. kelompok bajak laut mugiwara juga pernah melihat kapal flying dutchman yang di ikat lalu di tarik dan dibawa-bawa oleh monster laut di dasar laut, seperti pengembala yang menuntun sapinya...

    ReplyDelete

Reviewmu.com